Sukses melalui Bisnis Online


Bisnis Online ? Sepertinya trend dunia pemasaran saat ini sedang marak mempromosikan bisnis mereka melalui media online, terutama social media. Tidak ketinggalan pula, para enterpreneur ikut memanfaatkan naik daunnya bisnis online ini.
Setelah ditelusuri lebih lanjut, ternyata banyak sekali loh keuntungan yang didapat dari bisnis online ini. Salah satunya, mengurangi biaya produksi karena si penjual tidak perlu mengeluarkan biaya untuk menyewa ataupun membeli toko / showroom. Para penjual hanya membutuhkan koneksi internet untuk melakukan bisnis ini. Selain itu juga, pelanggan mendapatkan kenyamanan dalam berbelanja, karena online shop tidak berbatas pada jam operasional pada kebanyakan toko offline.
Berjualan sambil berinternet ria, sangat menarik bukan ?

Berdasarkan data dari Internet World Statistik, Indonesia menempati urutan kelima sebagai negara dengan pengguna internet terbanyak. Nah dari sini bisa saya simpulkan bahwa semakin banyaknya pengguna internet di Indonesia  mengakibatkan penggunaan bisnis online akan semakin efektif. Hal ini tentu saja ada kaitannya,  karena masyarakat Indonesia sendiri lebih sering menghabiskan waktunya untuk online daripada pergi keluar untuk mencari suatu barang. Jadi, para penjual memanfaatkan peluang besar ini untuk menggerakkan bisnis mereka ke online shop.

Untuk memulai bisnis online ada beberapa media popular seperti Twitter, Facebook, Blog dan masih banyak media lainnya.  Nah melalui social media ini, para penjual bisa melakukan promosi produk secara intensif ke pelanggan. Dari social media ini juga bisa menampung saran sekaligus kritikan dari pelanggan mengenai produk kita. Jadi, penjual bisa langsung mengetahui kekurangan dan kelebihan produk mereka di mata pelanggan.

Sebagai contoh, Diana Rikasari, mengawali ketenarannya sebagai seorang fashion blogger melalui blognya. Siapa sangka dari ketertarikannya terhadap dunia fashion berbuah pada ketenaran namanya sebagai seorang fashion blogger. Setelah itu, beliau juga memulai bisnis sepatu online yang bernama UP.

Contoh lain, seorang mahasiswi bernama Agnes Tandia yang memulai bisnisnya melalui media Facebook. Agnes menjual berbagai macam sepatu berbahan suede yang dikombinasikan dengan batik dengan nama Kulkith. Dia memasarkan produknya melalui media Facebook,Twitter dan juga Blog,  mulai dari melakukan pemesanan sampai pengiriman barang.  Agnes juga dapat melakukan komunikasi dengan pelanggannya tanpa harus bertatap muka secara langsung. Dia memanfaatkan fungsi tombol comment pada blognya, mention dan retweet pada twitter, serta wall pada facebook. Hal ini dirasa Agnes cukup efektif dalam mengatas keluhan dan masukan dari pelanggan terhadap produknya.


Nah, banyak sekali kan manfaat bisnis secara online ini. Kalian tertarik ?
Ayo, gampang kok untuk memulai bisnis online ini. Caranya :
1.       Siapkan koneksi internet kalian.
2.       Join/ sign up ke media social yang kalian inginkan. Seperti Facebook, twitter ataupun blog.
3.       Mulailah menulis serta meng-upload barang/ produk yang ingin dijual.
Nah, Cukup mudah bukan ?
Kalau kalian mengalami kesulitan atau sekedar meminta saran mengenai bisnis online , ada sekolah blog bernama AstaMediaGroup yang menjadi solusinya. Dengan tagline One Stop Online Marketing, AstaMedia berfokus pada internet marketing, blog advertising dan Search Engine Optimization (SEO). So, lets join and get more profits from your online business  (●ˆˆ●).








Tuesday, January 17, 2012 by Annisa Kusuma
Categories: | 4 comments

Comments (4)

  1. ayooo jadi wirausaha. membantu menetaskan kemiskinan loh. nice posting sist :)

  2. makasi sistah
    berwisausaha juga membuka lapangan kerja kan ?
    yheee

  3. wah.. ternyata ga sulit yah jd enterpreneur
    wajib dicoba nih..
    up up up
    :)

  4. ayooo semangat kakaaa
    semangat positif semoga menularr \^.^/

Leave a Reply

Followers